Eksotisme Toba, Danau Vulkanik Yang Terbesar di Dunia – Danau Toba merupakan danau yang terbesar di dunia dan terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Maka tak heran danau ini lebih terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Danau Toba sendiri termasuk jenis danau vulkanik yang berukuran panjang 100 km lebih.

Keindahan Danau Toba memang sangat memukau, sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata penuh dengan ketenangan. Di tengah danau tersebut, rupanya terdapat Pulau Samosir yang memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Nah, bagi anda yang ingin menikmati eksotisme Toba, danau vulkanik berikut ulasan lengkapnya.

Menikmati Pesona Danau Toba Yang Eksotis

Sejarah Danau Toba

Danau Toba diprediksi telah terbentuk sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu ketika terjadi letusan gunung berapi raksasa. Letusan pada tahun tersebut merupakan Supervolcano atau letusan gunung berapi super, sehingga menyebabkan kematian beberapa spesies makhluk hidup. Bahkan letusan ini memicu terjadinya zamn es, dan kemudian membentuk kaldera dengan terisi air dan sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Selain itu, akibat tekanan ke atas magma yang tidak keluar memicu adanya Pulau Samosir.

Rute Menuju Objek Wisata

Saat hendak mengkases ke Danau Toba, anda bisa menempuh rute dari Kota Medan mengunakan bus dari Terminal Pinang Baris Medan ke arah Parapat dengan waktu tempuh 6 jam. Namun ada alternatif lain dengan baik Taxi dari Medan menuju Parapat yang hanya memakan waktu 4 jam. Hanya saja Taxi lebih cocok untuk pergi sendiri atau 2-3 orang lain halnya dengan bus yang mampu memuat berbagai rombongan.

Pesona Wisata Danau Toba

Perpaduan antara air danau yang berwarna jernih dan dikelilingi oleh dinding-dinding kaldera cukup curam, sehingga terlihat meliuk-liuk dengan beberapa teluk terpencil yang sangat eksotis. Bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Danau Toba juga menawarkan iklim sejuk dan dikenal sebagai pusanya tanah Suku Batak Toba. Maka jangan heran di kawasan ini dijumpai berbagai legenda dan budaya, seperti perkampungan tradisional, kerajinan tenun ikat ulos, dan tarian tor-tor.

Wisata ke Pulau Samosir

Wisatawan yang berlibur ke Danau Toba wajib menyeberang ke Pulau Samosir dengan menggunakan feri atau kapal  biasa dengan waktu 30-45 menit. Nuansa budaya Toba masih sangat kental seperti pemukiman berbentuk ‘huta’ berupa deretan rumah tradisional dan bangunan kuburan tradisional. Di Pulau Samosir juga terdapat fasilitas penginapan, restoran dan toko cinderamata terpusat di daerah Tuk Tuk. Saat berada di Pulau Samosir anda bisa menemukan air terjun seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan.

Daerah Wisata Prapat

Wisata Prapat merupakan daerah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan berada di Kabupaten Simalungan. Berbagai fasilitas memadai ada di kawasan ini, seperti  hotel, rumah makan, toko cenderamata dan pasar buah-buahan. Para wisatawan yang datang baik dari Medan, Malaysia maupun Singapura sering datang ke Prapat melakukan aktivitas bermain air dengan jet ski, speedboat ataupun sekadar bersantai dan  berwisata belanja.