Ingin Berwisata Di Ruang Terbuka Hijau Kebun Raya Bogor Jawabannya – Kebun Raya Bogor merupakan sebuah hutan hasil rekayasa yang penuh dengan keindahan. Maka tak heran jika kawasan Kebun Raya telah eksis sejak zaman Kerajaan Sunda dan termasuk aset wisata terbaik bagi kebanggaan masyarakat Bogor. Hal ini tentu saja tak terlepas dari sisematika pengolahan yang termasuk pelestarian dan perawatan semua jenis tumbuhan.

Saat memasuki areal Kebun Raya Bogor, para wisatawan akan melihat sebuah papan petunjuk guna memberikan informasi tentang objek wisata secara keseluruhan. Kebun Raya Bogor sendiri sangat tepat dijadikan wisata rekrasi sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Pasalnya lokasi ini mampu menghilangkan penat berkat nuansa luas dan penuh kehijauan. Inilah tempat berwisata ke ruang terbuka hijau Kebun Raja Bogor yang  menenangkan.

Berlibur Di Ruang Terbuka Hijau Kebun Raya Bogor

Rute Perjalanan ke Kebun Raya Bogor

Akses menuju lokasi Kebun Raya Bogor dapat dicapai dari berbagai jalur. Apabila anda dari Terminal Baranangsiang Bogor dengan transportasi umum, maka harus melanjutkan dengan naik angkutan kota menuju Kebun Raya Bogor. Kebanyakan pengunjung yang datang ke objek wisata adalah kalangan pelajar dan mahasiswa yang menggunakan bus pariwisata.

Observasi di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang tersebar di alam terbuka hijau sangat luas. Bahkan keberadaan Kebun Raya Bogor diklaim sebagai Kebun Botani yang paling tua se Asia lantaran sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda Kelapa. Biasanya koleksi tanaman ari kebun di sini sering dilakukan observasi dari peneliti luar negeri sekaligus untuk berwisata. Apalagi adanya Arca Ganesha yang menyimbolkan jika kebun ini bukan difungsikan sebagai tempat wisata, namun juga pusat observasi tanaman.

Prasasti Monumen Lady Raffles

Di kawasan Kebun Raya Bogor, rupanya terdapat Prasasti Monumen Lady Raffles yang konon didirikan untuk mengenang tokoh Olivia Raffles. Menurut sejarahnya Gubernur Jenderal Thonas Stamford Raffles tersebut telah berhasil mengubah halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik, sehingga sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bogor.

Danau Kebun Raya Bogor

Saat menyambangi seluruh areal di belakang Kebun Raya Bogor, maka akan menemukan Danau yang tampak begitu indah. Di sinilah terdapat beragam jenis tanaman, seperti teratai air dan banyaknya spesies kupu-kupu cantik yang terbang bebas berkeliaran. Bukan hanya itu, dijumpai pula hewan jenis serangga dan binatang air lainnya. Maka dari itu, pengalaman dan pengetahuan tentang botani bisa didapatkan.

Jembatan Gantung Kebun Raya Bogor

Selain memiliki koleksi tanaman dan pohon yang menjulang tinggi, di sekitar Kebun Raya Bogor juga terdapat jembatan gantung yang menyuguhkan karakteristik tersendiri. Dimana mempunyai ciri khas warna merah yang sudah dikembangkan sejak jaman dahulu kala. Jembatang Gantung ramai dikunjungi saat menjelang senja atau setelah turun hujan. Pasalnya di waktu itu, mampu menciptakan keindahan sehingga cocok untuk spot fotografi.

Demikian ulasan dari Wisata Terbuka Hijau di Kebun Raya Bogor. Semoga bisa menjadi tempat wisata yang edukasi dan rekreasi